Penyakit Yang Umumnya Dialami Oleh Kucing

Kucing meemanglah hewan peliharaan yang mengemaskan dan menarik untuk dipelihara. Namun, jika anda berencana memelihara kucing, lebih baik anda mengetahui beberapa penyakit yang umumnya dialami oleh kucing berikut ini.


1. Diabetes 
Layaknya manusia, kucing ternyata juga bisa diserang oleh penyakit diabetes, kucing yang malas bergerak terlebih lagi jika ia gemuk lebih rentan terkena penyakit ini. Penyakit diabetes yang dialami kucing juga memiliki gejala yakni sebagai berikut:
  • Nafsu makan yang berlebihan
  • Kucing biasanya jadi lebih banyak minum
  • Penurunan badan yang drastic meski memiliki nafsu makan yang besar
  • Kucing yang terkena penyakit ini biasanya lebih sering kencing
Untuk mengobati penyakit ini cukup dengan memberikan makanan yang direkomendasikan untuk kucing, dan jangan memberinya terlalu berlebihan.

2. Muntah Yang Terlalu Sering
Muntah merupakan penyakit umum yang sering dialami oleh kucing. Muntah yang dialami oleh kucing juga memiliki beragam penyebab, serta kucing yang terus-terusan muntah dapat mengakibatkan dehidrasi tidak hanya itu jika dibiarkan lebih lanjut maka akan lebih banyak penyakit yang akan muncul. Jika kucing terus-terusan muntah lebih baik segera dibawa ke dokter hewan terdekat.

3. Diare
Diare pada kucing sama berbahayanya seperti diare pada manusia, diare pada kucing dapat disebabkan oleh parasit ataupun makanan yang tidak cocok dengannya. Diare juga bisa disebabkan makan yang berlebihan. Adapun gejala nya ialah:
  • Fesesnya akan cair,berwarna hitam dan bau
Untuk pengobatan awal cukup dgn memberi minum agar kucing tidak dehidrasi, dan tidak memberinya makan untuk beberapa saat. Jika masih berlanjut dianjurkan untuk membawa kucing ke dokter hewan terdekat.

4. Sakit Mata
Sakit mata merupakan penyakit yang paling umum dialami oleh kucing. Sakit mata pada kucing biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk kedalam mata kucing. Gejalanya ialah:
  • Kucing sering mengosok-gosok matanya 
  • Mata kucing sering berair
  • Mata kucing mengeluarkan banyak kotoran
Untuk pengobatan awal cukup dengan membersihkan mata kucing dengan tisu yang sedikit basah untuk menghilangkan kotoran di matanya, lalu anda juga dapat memberikan obat tetes mata untuk kucing.