Mau Beli Sarung untuk Pria? Yuk Kenali Dulu Motif dan Coraknya

Sarung bisa dikatakan sebagai bagian dari pakaian yang digunakan untuk sarana peribadatan. Bahkan jenis bawahan yang satu ini juga kerap dijadikan setelan dengan beberapa jenis pakaian tradisional di Indonesia. Bagi Anda yang ingin membeli produk fashion tersebut, terlebih dulu pilih motif dan coraknya agar sesuai dengan selera. Berikut adalah beberapa rekomendasinya.


Sarung Polos dengan Satu Warna
Pilihan pertama adalah jenis polos yang hanya didesain dengan satu warna. Bagi Anda yang tidak suka motif terlalu banyak dan lebih  melankolis, maka jenis yang satu ini akan sangat cocok. Karena hanya didominasi satu warna, maka padu padannya dengan baju koko, kemeja atau bahkan kaos panjang pun tetap akang nge-match.

Saat ini, jenis sarung polos bahkan ada yang dibuat dari bahan super ringan. Ada juga yang didesain dengan model pocket sehingga bisa dimasukkan ke dalam kantong seperti pouch. Jadi, ketika bepergian dan akan beribadah, maka Anda tinggal membawa kantong kecil tersebut.

Motif Kotak-kotak
Motif yang satu ini selalu jadi pilihan bapak-bapak pada umumnya. Namun, bukan hanya kaum bapak saja yang menyukai kotak-kotak besar maupun kecil. Tetapi, banyak juga anak muda yang mulai menyukainya.

Desain kotak-kotak yang kekinian ada yang simetris dan ada pula yang asimetris. Pastinya, siapapun yang menggunakan motif ini tidak akan mati gaya. Karena ada beberapa warna sekaligus yang mendominasi baik di dalam kotak maupun di luar kotak. Jadi, saat memadupadankan Anda bisa memilih warna yang dominan atau yang sampingannya.

Motif Batik dan Sentuhan Tradisional Lainnya
Selanjutnya, yaitu motif batik atau sentuhan tradisional lainnya. Bukan hanya songkok saja yang ditenun khusus, tetapi sarung juga bisa ditenun khusus menggunakan kain yang halus dan bernilai estetika tinggi.

Motif batik dulu memang tidak terlalu familiar, tetapi seiring perkembangan zaman, bukan hanya rok wanita saja yang dihias dengan batik, tetapi juga bawahan untuk bapak-bapak atau para pria. Meskipun motifnya batik, tetapi tentu corak dan warnanya sangat kekinian dan tidak norak sedikitpun.

Kain ulos juga banyak yang dijadikan bawahan untuk pria. Bahkan, banyak yang menggabungkannya dengan pakaian atasan khusus pria ketika menghadiri acara-acara adat. Jadi, bawahan pria yang satu ini memang bukan hanya untuk peribadatan, tetapi juga acara adat.

Motif Stripes
Garis-garis baik horizontal maupun vertikal adalah motif yang sangat terkenal untuk aneka jenis pakaian. Siapa sangka, dengan semakin berkembangnya fashion, maka motif dari bawahan pria juga makin beragam, seperti pada sarung.

Motif stripes memang sangat kekinian, sehingga tidak heran jika yang umumnya menggunakan bawahan dengan garis-garis adalah anak muda. Namun, sebenarnya tidak masalah apakah yang menggunakannya adalah orang tua maupun muda. Selama warnanya bisa nyambung dengan atasan, maka fashion ketika ibadah akan tetap keren.

Bukan berarti memilih motif atau yang polos adalah untuk gaya-gayaan ketika ibadah atau saat ada acara adat. Namun, memakai baju terbaik ketika akan menjalankan acara ritual maupun tradisional tentunya akan sangat dianjurkan. Karena hal ini akan bernilai baik dan menunjukkan penghargaan atas kegiatan yang dijalankan.

Jadi, sarung dengan motif atau jenis apa yang akan Anda pilih? Pastikan untuk melihat dulu, baju apa yang rata-rata Anda punya. Agar tidak bertabrakan serta bisa dipadupadankan dengan bawahan yang akan dibeli.